"All effective instruction requires careful planning. Teaching with instructional technology and media is certainly no exception.The ASSURE model is design to help teacher plan lessons that effectively untegrate classroom use of technology and media" (Smaldino, Instructional Technology and Media For Learning, 2012)ASSURE merupakan singkatan dari Analysis learner , State standar and objectives, Select technology, media, strategies and materials, Utilize technology, media and materials, Require learner partisipation, Evaluate.
Berikut contoh penerapan desain pembelajaran model ASSURE
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Nama
Sekolah : SDN
Kelas/Semester : IV/ I
Tema : Peduli Terhadap
Makhluk Hidup
Sub
Tema : Hewan dan
Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Alokasi
Waktu : 5 JP (175 menit)
A.
Kompetensi Inti :
|
1. Menerima, menjalankan dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya
|
||
2.
MEmiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, pesuli dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
|
|||
3.
memahami pengetahuan faktua dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menaya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah,sekolah dna tempat bermain.
|
|||
4.
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
|||
B.
Kompetensi Dasar :
|
IPA
|
:
3.1 Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
4.1 Menuliskan Hasil Pengamatan tentang
bentuk luar hewan dan tumbuhan seta
fungsinya
|
|
IPS
|
:
3.5 memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,social,
budaya dan ekonomi
4.5 MEnceritakan manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam,social, budaya dan ekonomi
|
||
PPKn
|
:3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari dirumah,
sekolah dan masyarakat
4.2
Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
|
||
B.
Ind
|
3.1
Mengagali informasi teks dan laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energy panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku
4.1
Mengamati, mengolah dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang
tentang gaya, gerak, energy panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa
kata baku
|
||
C.
Indokator
|
1. Menuliskan dan mempresentasikan hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dan fungsinya
|
||
2. Menjelaskan hubungan antara hewan dengan tumbuhan
dan manusia dengan tumbuhan
3. Memberikan contoh kewajiban sebagai warga terhadap
tumbuhan dan hewan setelah berdiskusi
|
|||
4.
Menggali informasi hasil pengamatan
|
|||
D.
Tujuan Pembelajaran
|
1.
Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu
menuliskan dan mempresentasikan hasil
pengamatan tentang bentuk luar dari tumbuhan dan fungsinya dengan benar
|
||
2.
Setelah membaca dan berdiskusi tentang laporan
hasil pengamatan, siswa mampu menggali informasi dari teks hasil laporan
pengamatan lebih mendalam
3.
Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa
mampu menjelaskan hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan manusia dengan
tumbuhan
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh
kewajiban sebagai warga terhadap hewan dan tumbuhan sebanyak-banyaknya
|
E.
Alat
yang digunakan :
1.
Kamera
digital
2.
Komputer
3.
Printer
4.
Lembaran
pengamatan
5.
Alat
tulis
F.
Media
:
1.
Tumbuhan
disekitar sekolah
2.
Buku
siswa
G.
Strategi
Pembelajaran
Koperatif
Learning
H.
Metode
:
1.
Discovery
2.
Diskusi
I.
Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
Waktu menit
|
Awal
|
Guru melakukan
apersepsi tentang pelajaran yang terdahulu
|
Siswa
mendengarkan penjelasan guru
|
10
|
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan hari ini
|
Siswa
mendengarkan penjelasan guru
|
15
|
|
Inti
|
Guru membagi siswa dalam kelompok
|
Siswa membagi
diri dalam 3 kelompok
|
10
|
Guru
membimbing siswa dalam melakukan pengamatan
|
Siswa
melakukan pengamatan di halaman sekolah
|
40
|
|
Guru
membinbing dan memfasilatasi siswa dalam melakukan persiapan presentasi
|
Siswa
melakukan persiapan untuk presentasi laporan hasil pengamatan
|
30
|
|
Guru
memberikan penguatan terhadap hasil laporan siswa
|
Siswa
melakukan presentasi perkelompok
|
50
|
|
Guru memfasilitasidan
membimbing siswa dalam diskusi
|
Siswa
melakukan diskusi/tanya jawab dengan berdasarkan hasil presentasi kelompok
yang tampil
|
||
Penutup
|
Guru memberikan
tugas yang terdapat pada buku siswa
|
Siswa mengerjakan
tugas yang terdapat pada buku siswa
|
10
|
Guru
memberikan penguatan terhadap jawaban siswa
|
Siswa berdiskusi
tentang jawaban pada tugas yang telah dikerjakan pada buku siswa
|
10
|
|
Guru menyampaikan
kesimpulan dari pembelajaran hari ini
|
Siswa
mendengarkan guru tentang kesimpulan pembelajaran hari ini
|
10
|
J.
Penilaian
1.
Hasil
pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dinilai dengan daftar periksa (IPA)
No
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Siswa
mampu menggambarkan dan menuliskan sedikitnya 3 ciri-ciri daun
|
||
2
|
Siswa
mampu menggambarkan dna menuliskna sedikitnya 3 ciri-ciri bunga
|
||
3
|
Siswa
mampu menggambarkan dna menuliskna sedikitnya 3 ciri-ciri akar
|
||
4
|
Siswa
mampu menuliskan deskripsi tentang daun/bunga/akar berdasarkan bentuk, warna,
ukuran dna tekstur
|
2.
Diskusi
untuk menggali informasi laporan hasil pengamatan dinilai dengan rubric diskusi
(Bahasa Indonesia)
Rubric Diskusi
|
|||
Kiteria
|
Bagus
sekali
|
Cukup
bagus
|
Perlu
berlatih lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu
mendengarkan teman yang sedang berbicara (2)
|
Mendengarkan
teman yang sedang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan (1,5)
|
Masih
perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara (1)
|
Komunikasi
non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah & suara)
|
Merespon
dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. (3)
|
Merespon
dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukan teman (2)
|
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukan teman (1)
|
Partisipasi
(menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
|
Isi
pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dna memimpin lainnya saat
diskusi (3)
|
Berbicara
dan menerangkan secara rinci, merespon seseuai dnegan topic (2)
|
Jarang
berbicara selama proses diskusi berlangsung (1)
|
3.
Hubungan
manusia,hewan dan tumbuhan dinilai dengan daftara periksa (IPS)
No
|
Criteria
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Siswa
mampu menuliskan hubungan antara manusia lebah dan bunga
|
||
2
|
Siswa
mampu menuliskan manfaat yang diperoleh dari lebah
|
||
3
|
Siswa
mampu menuliskan manfaat yang diperoleh dari bunga
|
||
4
|
Siswa
mampu menuliskan manfaat yang diperoleh manusia
|
4.
Kewajiban
sebagai warga terhadap tumbuhan dinilai dengan daftar periksa (PPKn)
No
|
Criteria
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Siswa
mampu memberikan sedikitnya 2 contoh kewajiban mereka terhadap hewan dengan
benar
|
||
2
|
Siswa
mampu memberikan sedikitnya 2 contoh kewajiban mereka terhadap tumbuhan dengan
benar
|
||
3
|
Siswa
mampu menggambarkan dna menuliskna sedikitnya 3 ciri-ciri akar
|
||
4
|
Siswa
mampu menuliskan deskripsi tentang daun/bunga/akar berdasarkan bentuk, warna,
ukuran dna tekstur
|
Penerapan
Model ASSURE Dalam Rencana Pembelajaran
1.
Analysis
Learner
a. General Chateristics
Siswa pada kelas IV SD yang berusia
sekitar 10-12 tahun, dalam tahapan operasional kongrit menurut teori
perkembangan kognitif yang dikemukakan Piage, dimana dalam tahap ini anak akan
dapat mengurutkan, mengklasifikasikan, serta penghilangan egosentrisme
(memandang dalam sudut pandang orang lain). Dengan mengunakan kooperatif
learning dengan metode discovery dan diskusi dianggap sesuai untuk perkembangan
kognitif mereka.
b.
Learning
Styles
Sebagian besar siswa pada kelas ini
memiliki gaya belajar visual dan kinestetik. Dimana ini terlihat dari
pengamatan guru dalam pembelajaran sebelumnya
c.
Entry Competency
Pada pembelajaran sebelumnya siswa telah
belajar tentang hewan dan tumbuhan, namun siswa masih kesulitan terhadap
penanaman konsep dari suatu bentuk morfologi bagian dari tumbuhan. Contohnya
semua daun itu berbentuk oval, padahal tidak semua daun berbentuk oval.
2.
State
Standars and Objectives
Ini telah dijelaskan secara rinci dalam
kurikulum 2013 dalam bentuk kompetensi inti, kompetensi dasar, indicator dan
tujuan pembelajaran.
3.
Select
Strategies, Technologies, Medias and Materials
a.
Select
Strategies
Strategi yang dipada pada pembelajaran
ini adalah menggunakan cooperative
learning dengan metode Learning
Together dimana tiap kelompok menghasilkan sebuah produk berupa media
presentasi berupa gambar. Pada metode ini tidak ada kompetisi baik antar
kelompok maupun antar anggota dalam kelompok. Jumlah anggota kelas adalah 30
siswa. Anggota kelas akan dibagi dalam 3 kategori yaitu daun, bunga dan akar. Setiap
kategori terdapat 2 kelompok dengan jumlah masing-masing anggota kelompok
adalah 5 orang. Dalam mempresentasikan hasil pengamatan tiap kelompok diberi
waktu ±6 menit.
b.
Select
Technologies
Teknologi
yang dipilih pada pembelajaran ini adalah kamera digital, computer dan printer.
Walaupun siswa memiliki keterbatasan dalam menggunakan alat-alat ini, guru
berusaha mengintegrasikan teknologi ICT dan melibatkan siswa secara langsung
dalam penggunaannya. Dalam melakukan pengamatan siswa diminta untuk memfoto
objek pengamatan dengan menggunakan kamera digital, lalu guru akan mentrasfer
foto tersebut dan membimbing siswa untuk mencetak sendiri foto yang telah
mereka ambil.
c.
Select
Medias
Media yang digunakan pada pembelajaran
ini adalah buku siswa dimana materi ajar telah terdapat didalamnya serta gambar
hasil pengamatan tiap kelompok yang akan dipresentasikan. Hasil cetakan gambar
dipilih untuk presentasi karena siswa belum mampu menggunakan softwere
presentasi.
d.
Select
Materials
Materi ajar telah tersedia pada buku
siswa yang telah dimiliki oleh masing-masing siswa.
4.
Utilize
Technology, Medias and Materials
a.
Utilize
Technology
Teknologi yang gunakan adalah camera
digital, computer dan printer. Karena kamera, computer dan printer yang bisa
digunakan hanya satu, maka dalam penggunaanya masing-masing kelompok harus
bergantian menggunakannya. Sebelum menggunakan alat, guru melakukan persiapan
apakah alat yang akan digunakan tidak ada masalah sehingga dalam pemebelajaran
alat siap dipakai dan tidka mengahabiskan banyak waktu.
b.
Utilize
Media
Dalam menggunakan media gambar sebagai
media presentasi, dalam kegiatan persiapan presentasi, guru membimbing siswa
bagaimana cara menggunakan gambar untuk mempresentasikan hasil pengamatan
mereka.
5.
Require
Leaner Partisipation
Dalam pembelajaran ini siswa dilibatkan
dalam menentukan sendiri objek pengamatan mereka, menggunakan sendiri kamera
digital dan mencetak sendiri gambar yang akan mereka presentasikan. Selain
keterlibatan dalam kegiatan paktek, siswa juga terlibat dalam tanya jawab dan
diskusi.
6.
Evaluate
Dalam pembelajaran ini, guru mengevaluasi hasil
belajar siswa dan pelaksanaan pemebelajaran hari ini. Untuk hasil belajar, guru
menggunakan lembar pengamat dan rubric untuk diskusi. Penilaian dilakukan
secara individual dan kelompok. Secara individual, score didapatkan dari tugas
individu yang telah dikerjakan, dan partisipasi serta kontribusi individu dalam
kelompok. Sedangkan penilaian kelompok diberikan melalui penghargaan (reward).
Untuk
mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran, guru mencocokan kembali dengan
rencana yang telah dibuat, apakah tidak sesuai dengan alokasi waktu,
strategi yang digunakan sudah tepat? atau media yang digunakan telah
sesuai? Dengan evaluasi ini, guru bisa merevisi RPP yang telah dijalankan sebagai referensi untuk pembelajaran yang akan datang.
mana isinya?
BalasHapus