Feature Top (Full Width)

Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mujadalah ayat 11).

Kumpulan Tugas Kuliah

"All effective instruction requires careful planning. Teaching with instructional technology and media is certainly no exception.The ASSURE model is design to help teacher plan lessons that effectively untegrate classroom use of technology and media" (Smaldino, Instructional Technology and Media For Learning, 2012)ASSURE merupakan singkatan dari Analysis learner , State standar and objectives, Select technology, media, strategies and materials, Utilize technology, media and materials, Require learner partisipation, Evaluate. 

Berikut contoh penerapan desain pembelajaran model ASSURE



Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran


Nama Sekolah             : SDN
Kelas/Semester            : IV/ I
Tema                          : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema                    : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Alokasi Waktu              : 5 JP (175 menit)



A.    Kompetensi Inti :

 1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya


2. MEmiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, pesuli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.


3. memahami pengetahuan faktua dengan cara mengamati      (mendengar, melihat, membaca) dan menaya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,sekolah dna tempat bermain.


4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia




B.     Kompetensi Dasar :

IPA
: 3.1 Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
 4.1 Menuliskan Hasil Pengamatan tentang bentuk luar hewan dan    tumbuhan seta fungsinya


IPS
: 3.5 memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,social, budaya dan ekonomi
 4.5 MEnceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,social, budaya dan ekonomi 


PPKn
:3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari dirumah, sekolah dan masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan  masyarakat


B. Ind
3.1 Mengagali informasi teks dan laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energy panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku
4.1 Mengamati, mengolah dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang tentang gaya, gerak, energy panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku





C.     Indokator


1.  Menuliskan dan mempresentasikan hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dan fungsinya



2. Menjelaskan hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan manusia dengan tumbuhan
3. Memberikan contoh kewajiban sebagai warga terhadap tumbuhan dan hewan setelah berdiskusi



4.      Menggali informasi hasil pengamatan




D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menuliskan dan mempresentasikan  hasil pengamatan tentang bentuk luar dari tumbuhan dan fungsinya dengan benar

2.      Setelah membaca dan berdiskusi tentang laporan hasil pengamatan, siswa mampu menggali informasi dari teks hasil laporan pengamatan lebih mendalam
3.      Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan manusia dengan tumbuhan
4.      Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh kewajiban sebagai warga terhadap hewan dan tumbuhan sebanyak-banyaknya

E.     Alat yang digunakan :
1.      Kamera digital
2.      Komputer
3.      Printer
4.      Lembaran pengamatan
5.      Alat tulis

F.      Media :
1.      Tumbuhan disekitar sekolah
2.      Buku siswa

G.    Strategi Pembelajaran
            Koperatif Learning

 H.    Metode :
1.      Discovery
2.      Diskusi

I.       Langkah Pembelajaran

Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu menit
Awal
Guru melakukan apersepsi tentang pelajaran yang terdahulu
Siswa mendengarkan penjelasan guru
10

Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan hari ini
Siswa mendengarkan penjelasan guru
15
Inti
Guru  membagi siswa dalam kelompok
Siswa membagi diri dalam 3 kelompok
         10

Guru membimbing siswa dalam melakukan pengamatan
Siswa melakukan pengamatan di halaman sekolah
40

Guru membinbing dan memfasilatasi siswa dalam melakukan persiapan presentasi
Siswa melakukan persiapan untuk presentasi laporan hasil pengamatan
30

Guru memberikan penguatan terhadap hasil laporan siswa
Siswa melakukan presentasi perkelompok
50

Guru memfasilitasidan membimbing siswa dalam diskusi
Siswa melakukan diskusi/tanya jawab dengan berdasarkan hasil presentasi kelompok yang tampil
Penutup
Guru memberikan tugas yang terdapat pada buku siswa
Siswa mengerjakan tugas yang terdapat pada buku siswa
10

Guru memberikan penguatan terhadap jawaban siswa
Siswa berdiskusi tentang jawaban pada tugas yang telah dikerjakan pada buku siswa
10

Guru menyampaikan kesimpulan dari pembelajaran hari ini
Siswa mendengarkan guru tentang kesimpulan pembelajaran hari ini
10

 
            J.    Penilaian
1.      Hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dinilai dengan daftar periksa (IPA)

No
Kriteria
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menggambarkan dan menuliskan sedikitnya 3 ciri-ciri daun


2
Siswa mampu menggambarkan dna menuliskna sedikitnya 3 ciri-ciri bunga


3
Siswa mampu menggambarkan dna menuliskna sedikitnya 3 ciri-ciri akar


4
Siswa mampu menuliskan deskripsi tentang daun/bunga/akar berdasarkan bentuk, warna, ukuran dna tekstur



2.      Diskusi untuk menggali informasi laporan hasil pengamatan dinilai dengan rubric diskusi (Bahasa Indonesia)

Rubric Diskusi
Kiteria
Bagus sekali
Cukup bagus
Perlu berlatih lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara (2)
Mendengarkan teman yang sedang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan (1,5)
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara (1)
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah & suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. (3)
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukan teman (2)
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukan teman (1)
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dna memimpin lainnya saat diskusi (3)
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon seseuai dnegan topic (2)
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung (1)


3.      Hubungan manusia,hewan dan tumbuhan dinilai dengan daftara periksa (IPS)

No
Criteria
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menuliskan hubungan antara manusia lebah dan bunga


2
Siswa mampu menuliskan manfaat yang diperoleh dari lebah


3
Siswa mampu menuliskan manfaat yang diperoleh dari bunga


4
Siswa mampu menuliskan manfaat yang diperoleh manusia



4.      Kewajiban sebagai warga terhadap tumbuhan dinilai dengan daftar periksa (PPKn)

No
Criteria
Ya
Tidak
1
Siswa mampu memberikan sedikitnya 2 contoh kewajiban mereka terhadap hewan dengan benar


2
Siswa mampu memberikan sedikitnya 2 contoh kewajiban mereka terhadap tumbuhan dengan benar


3
Siswa mampu menggambarkan dna menuliskna sedikitnya 3 ciri-ciri akar


4
Siswa mampu menuliskan deskripsi tentang daun/bunga/akar berdasarkan bentuk, warna, ukuran dna tekstur





Penerapan Model ASSURE  Dalam Rencana Pembelajaran

1.      Analysis Learner
a.       General Chateristics
Siswa pada kelas IV SD yang berusia sekitar 10-12 tahun, dalam tahapan operasional kongrit menurut teori perkembangan kognitif yang dikemukakan Piage, dimana dalam tahap ini anak akan dapat mengurutkan, mengklasifikasikan, serta penghilangan egosentrisme (memandang dalam sudut pandang orang lain). Dengan mengunakan kooperatif learning dengan metode discovery dan diskusi dianggap sesuai untuk perkembangan kognitif mereka.

b.      Learning Styles
Sebagian besar siswa pada kelas ini memiliki gaya belajar visual dan kinestetik. Dimana ini terlihat dari pengamatan guru dalam pembelajaran sebelumnya

c.       Entry Competency
Pada pembelajaran sebelumnya siswa telah belajar tentang hewan dan tumbuhan, namun siswa masih kesulitan terhadap penanaman konsep dari suatu bentuk morfologi bagian dari tumbuhan. Contohnya semua daun itu berbentuk oval, padahal tidak semua daun berbentuk oval.

2.      State Standars and Objectives
Ini telah dijelaskan secara rinci dalam kurikulum 2013 dalam bentuk kompetensi inti, kompetensi dasar, indicator dan tujuan pembelajaran.

3.      Select Strategies, Technologies, Medias and Materials
a.       Select Strategies
Strategi yang dipada pada pembelajaran ini adalah menggunakan cooperative learning dengan metode Learning Together dimana tiap kelompok menghasilkan sebuah produk berupa media presentasi berupa gambar. Pada metode ini tidak ada kompetisi baik antar kelompok maupun antar anggota dalam kelompok. Jumlah anggota kelas adalah 30 siswa. Anggota kelas akan dibagi dalam 3 kategori yaitu daun, bunga dan akar. Setiap kategori terdapat 2 kelompok dengan jumlah masing-masing anggota kelompok adalah 5 orang. Dalam mempresentasikan hasil pengamatan tiap kelompok diberi waktu ±6 menit.

b.      Select Technologies
Teknologi yang dipilih pada pembelajaran ini adalah kamera digital, computer dan printer. Walaupun siswa memiliki keterbatasan dalam menggunakan alat-alat ini, guru berusaha mengintegrasikan teknologi ICT dan melibatkan siswa secara langsung dalam penggunaannya. Dalam melakukan pengamatan siswa diminta untuk memfoto objek pengamatan dengan menggunakan kamera digital, lalu guru akan mentrasfer foto tersebut dan membimbing siswa untuk mencetak sendiri foto yang telah mereka ambil.

c.       Select Medias
Media yang digunakan pada pembelajaran ini adalah buku siswa dimana materi ajar telah terdapat didalamnya serta gambar hasil pengamatan tiap kelompok yang akan dipresentasikan. Hasil cetakan gambar dipilih untuk presentasi karena siswa belum mampu menggunakan softwere presentasi.

d.      Select Materials
Materi ajar telah tersedia pada buku siswa yang telah dimiliki oleh masing-masing siswa.

4.      Utilize Technology, Medias and Materials
a.       Utilize Technology
Teknologi yang gunakan adalah camera digital, computer dan printer. Karena kamera, computer dan printer yang bisa digunakan hanya satu, maka dalam penggunaanya masing-masing kelompok harus bergantian menggunakannya. Sebelum menggunakan alat, guru melakukan persiapan apakah alat yang akan digunakan tidak ada masalah sehingga dalam pemebelajaran alat siap dipakai dan tidka mengahabiskan banyak waktu.

b.      Utilize Media
Dalam menggunakan media gambar sebagai media presentasi, dalam kegiatan persiapan presentasi, guru membimbing siswa bagaimana cara menggunakan gambar untuk mempresentasikan hasil pengamatan mereka.

5.      Require Leaner Partisipation
Dalam pembelajaran ini siswa dilibatkan dalam menentukan sendiri objek pengamatan mereka, menggunakan sendiri kamera digital dan mencetak sendiri gambar yang akan mereka presentasikan. Selain keterlibatan dalam kegiatan paktek, siswa juga terlibat dalam tanya jawab dan diskusi.

6.      Evaluate
Dalam pembelajaran ini, guru mengevaluasi hasil belajar siswa dan pelaksanaan pemebelajaran hari ini. Untuk hasil belajar, guru menggunakan lembar pengamat dan rubric untuk diskusi. Penilaian dilakukan secara individual dan kelompok. Secara individual, score didapatkan dari tugas individu yang telah dikerjakan, dan partisipasi serta kontribusi individu dalam kelompok. Sedangkan penilaian kelompok diberikan melalui penghargaan (reward). 
Untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran, guru mencocokan kembali dengan rencana yang telah dibuat, apakah tidak sesuai dengan alokasi waktu, strategi yang digunakan sudah tepat? atau media yang digunakan telah sesuai? Dengan evaluasi ini, guru bisa merevisi RPP yang telah dijalankan sebagai referensi untuk pembelajaran yang akan datang.


1 komentar: