Feature Top (Full Width)

Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mujadalah ayat 11).

Rabu, 07 Mei 2014

Tinjauan Belajar di Abad XXI




Dalam menghadapi abad 21, siswa dan guru harus menyiapkan diri dengan perubahan terutama dibidang teknologi. Tulisan ini menguraikan apa yang harus dipersiapkan guru dan siswa dalam rangka belajar di abad 21





      Komponen Kunci Belajar Pada abad 21
a.       Guru ditantang untuk membantu siswa agar menguasai inti dari pelajaran untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan diperlukan pada abad 21.
b.      Landasan dari pengetahuan dan keterampilan pada abad 21 adalah bagaimana persiapan siswa yang berarti dan sepenuhnya bertujuan menggunakan teknologi dan media untuk kreatifitas, inovasi, komunikasi, penelitian dan pemecahan masalah.

2.      Status kesenjangan teknologi
Ketika merencanakan pembelajaran, guru harus melihat integrasi teknologi dalam pembelajaran. Karena mungkin saja terjadi kesenjangan teknologi, dimana tidak semua siswa mempunyai computer di rumah.  Kesenjangan teknologi ini dapat dijembatani oleh sekolah dengan cara penyediaan akses Komputer bagi seluruh siswa. Rasionya 1 komputer untuk 4 siswa.

3.      Perbedaan teknologi dengan media
Teknologi
Ketika orang-orang mendengar kata teknologi, mereka berpikir teknologi merupakan produk seperti computer, mp3 player dan web cam. Dalam buku ini mengaju pada teknologi pembelajaran yang melibatkan integrasi dari guru dan siswa menggunakan dan mengetahui alat dan teknik untuk memperbaiki pembelajaran siswa.
Media
Media dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori : teks, audio, visual, video, manipulative dan orang. Media yang dimaksud dalam buku ini adalah bentuk media dimana pesan dimasukan dan ditampilkan. Contoh yang termasuk bentuk media adalah papan tulis (teks dan visual), slide powerpoint (teks dan visual), CD (suara dan musik) dan komputer multimedia (audio, teks dan video).

4.      6 Kategori dasar media

no
Media
Bentuk media
Bahan pembelajaran
1
teks
Buku, perangkat lunak computer
Bukuteks
2
Audio
CD, live presenter
suara effek, music,
3
Visual
Gambar papan tulis interaktif, foto, poster
Foto binatang, foto gedung, dll
4
Video
DVD, film dolumenter
Film sejarah perjuangan kemerdekaan, film kehidupan binatang, dll
5
Manipulative
Wujud nyata dari objek
Batu, daun
6
Orang
Orang
Polisi, guru, teman, dll
 
 
5.      Perbedaan guru dan siswa dalam menggunakan teknologi dan media

Guru
Siswa
Interaktif instruction
Interactive tools
Personal response system
Interaksi dengan yang lain
Mobile Assesment tool

Community of practice



6.       9 jenis literasi atau kemahiran di abad ke 21 yaitu :
1.      Kemahiran umum
2.      Kemahiran teks
3.      Kemahiran menggunakan komputer
4.      Kemahiran dalam Pembelajaran jarak jauh
5.      Kemahiran dalam belajar maya
6.      Kemahiran Visual
7.      Kemahiran Audio
8.      Kemahiran Video.
9.      KEmahiran menggunakan media

7.      3 tipe pembelajaran dalam satu kesatuan kelas

Fase
Penjelasan
1. Percobaan
Menambahkan alat-alat teknologi di ruang kelas atau diperpustakaan
2. Hal yang lama pada cara yang lama (old thing in old ways)
Menggunakan powerpoin lebih baik dari pada overhead transparan
3. Hal yang baru, cara yang lama (new thing, old ways)
Menggunakan 3D dalam mendemonstrasikan lebih baik dari pada menggambar dengan kapur
4. LAkukan hal yang baru dengan cara yang baru (new things, new ways)
Menggunakan teknologi dna media dengan materi berorieantasi masa depan untuk mengembangkan keterampilan pada programming, menyaring pengetahuan dan menggunakan hubungan.

8.      Menyangkut hak cipta
Hak cipta yang dimaksud adalah hak legal untuk sebuah karya asli. Hukum ini mengatur kondisi dimana oranglain mungkin mengandakan, seluruh atau bagian dari karya asli. Tanpa hokum hak cipta penulis, artis dan produser media tidak dapat menerima kompensasi dari karya mereka. Ada denda bagi pelanggar hak cipta.


(Sumber : Smaldino, Dkk. 2012. Instructional Technology and Media for Learning. Pearson)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar