Dalam menghadapi abad 21, siswa dan guru harus menyiapkan diri dengan perubahan terutama dibidang teknologi. Tulisan ini menguraikan apa yang harus dipersiapkan guru dan siswa dalam rangka belajar di abad 21
Komponen
Kunci Belajar Pada abad 21
a.
Guru
ditantang untuk membantu siswa agar menguasai inti dari pelajaran untuk
memperoleh pengetahuan dan keterampilan diperlukan pada abad 21.
b.
Landasan
dari pengetahuan dan keterampilan pada abad 21 adalah bagaimana persiapan siswa
yang berarti dan sepenuhnya bertujuan menggunakan teknologi dan media untuk
kreatifitas, inovasi, komunikasi, penelitian dan pemecahan masalah.
2.
Status
kesenjangan teknologi
Ketika
merencanakan pembelajaran, guru harus melihat integrasi teknologi dalam
pembelajaran. Karena mungkin saja terjadi kesenjangan teknologi, dimana tidak
semua siswa mempunyai computer di rumah.
Kesenjangan teknologi ini dapat dijembatani oleh sekolah dengan cara
penyediaan akses Komputer bagi seluruh siswa. Rasionya 1 komputer untuk 4
siswa.
3.
Perbedaan
teknologi dengan media
Teknologi
Ketika
orang-orang mendengar kata teknologi, mereka berpikir teknologi merupakan
produk seperti computer, mp3 player
dan web cam. Dalam buku ini mengaju pada teknologi pembelajaran yang melibatkan
integrasi dari guru dan siswa menggunakan dan mengetahui alat dan teknik untuk
memperbaiki pembelajaran siswa.
Media
Media dapat
dikelompokkan menjadi beberapa kategori : teks, audio, visual, video, manipulative
dan orang. Media yang dimaksud dalam buku ini adalah bentuk media dimana pesan
dimasukan dan ditampilkan. Contoh yang termasuk bentuk media adalah papan tulis
(teks dan visual), slide powerpoint (teks dan visual), CD (suara dan musik) dan
komputer multimedia (audio, teks dan video).
4.
6
Kategori dasar media
no
|
Media
|
Bentuk
media
|
Bahan
pembelajaran
|
1
|
teks
|
Buku,
perangkat lunak computer
|
Bukuteks
|
2
|
Audio
|
CD,
live presenter
|
suara
effek, music,
|
3
|
Visual
|
Gambar
papan tulis interaktif, foto, poster
|
Foto
binatang, foto gedung, dll
|
4
|
Video
|
DVD,
film dolumenter
|
Film
sejarah perjuangan kemerdekaan, film kehidupan binatang, dll
|
5
|
Manipulative
|
Wujud
nyata dari objek
|
Batu,
daun
|
6
|
Orang
|
Orang
|
Polisi,
guru, teman, dll
|
5.
Perbedaan
guru dan siswa dalam menggunakan teknologi dan media
Guru
|
Siswa
|
Interaktif
instruction
|
Interactive
tools
|
Personal
response system
|
Interaksi
dengan yang lain
|
Mobile
Assesment tool
|
|
Community of
practice
|
6.
9 jenis literasi atau kemahiran di abad ke 21
yaitu :
1.
Kemahiran
umum
2.
Kemahiran
teks
3.
Kemahiran menggunakan komputer
4.
Kemahiran
dalam Pembelajaran jarak jauh
5.
Kemahiran
dalam belajar maya
6.
Kemahiran
Visual
7.
Kemahiran
Audio
8.
Kemahiran
Video.
9.
KEmahiran
menggunakan media
7.
3
tipe pembelajaran dalam satu kesatuan kelas
Fase
|
Penjelasan
|
1. Percobaan
|
Menambahkan alat-alat teknologi di
ruang kelas atau diperpustakaan
|
2. Hal yang lama pada cara yang lama
(old thing in old ways)
|
Menggunakan powerpoin lebih baik dari
pada overhead transparan
|
3. Hal yang baru, cara yang lama (new
thing, old ways)
|
Menggunakan 3D dalam mendemonstrasikan
lebih baik dari pada menggambar dengan kapur
|
4. LAkukan hal yang baru dengan cara
yang baru (new things, new ways)
|
Menggunakan teknologi dna media dengan
materi berorieantasi masa depan untuk mengembangkan keterampilan pada
programming, menyaring pengetahuan dan menggunakan hubungan.
|
8.
Menyangkut
hak cipta
Hak
cipta yang dimaksud adalah hak legal untuk sebuah karya asli. Hukum ini
mengatur kondisi dimana oranglain mungkin mengandakan, seluruh atau bagian dari
karya asli. Tanpa hokum hak cipta penulis, artis dan produser media tidak dapat
menerima kompensasi dari karya mereka. Ada denda bagi pelanggar hak cipta.
(Sumber : Smaldino, Dkk. 2012. Instructional Technology and Media for Learning. Pearson)
(Sumber : Smaldino, Dkk. 2012. Instructional Technology and Media for Learning. Pearson)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar