Feature Top (Full Width)

Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mujadalah ayat 11).

Jumat, 10 Oktober 2014

Review Learning Centre Of The University of New South Wales




Learning Centre
The University of New South Wales

A.    Deskripsi University of New South Wales
University of New South Wales merupakan sebuah universitas terkemukan di Sydney, Australia. (http://www.unsw.edu.au)

B.     Pusat Sumber Belajar di University of New South Wales

University of New South Wales memiliki pusat sumber belajar tersendiri selain perpustakaan yang diberi nama Learning Centre. Learning centre ini bertujuan untuk membantu mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan teknik bagaimana menemukan cara belajar yang cocok dalam pendidikan tinggi sehingga mahasiswa menjadi pebelajar yang mandiri dan sukses.


Ada beberapa pelayanan yang diberikan di learning Centre ini, antara lain :


Beberapa layanan workshop keterampilan akademik yang berikan antara lain workshop tentang pembuatan essay, presentasi lisan, membuat laporan dan makalah penelitian. Workshop penting lainnya yang diberikan untuk studi akademis adalah bagaimana menghindari plagiat, bagaimana berpikir kritis dan mendapatkan referansi.

Workshop ini diperuntukan untuk mahasiswa S1 dan S2. Selain itu sebuah kelas kecil didesaign untuk mahasiswa yang bahasa utama mereka bukanlah bahasa inggris. Beberapa workshop ada yang dilakukan secara berkala, seperti dua sampai tujuh minggu dan adapula workshop yang hanya berlangsung sekali saja. 

Dalam penentuan jadwalnya, mahasiswa bisa menentukan jadwal mereka sendiri dengan cara mendaftar terlebih dahulu pada portal yang telah disediakan. 

2.       Conversation Classes

Kelompok conversation ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam berlatih berbicara dan bersosialisasi dalam bahasa inggris. Anggota kelompok ini sedikit dan merupakan kelas informal. Masing-masing kelompok paling banyak terdiri dari 5 orang dan program ini berjalan sekitar 4 minggu.

3.       Individual Consultations

Untuk membantu mahasiswa secara individual  dalam menulis, mahasiswa dapat membuat janji dengan konsultan menulis atau yang disebut dengan Peer Writing assistant (PWA).
 
PWA adalah mahasiswa pascasarjana yang telah mempunyai pengalaman dalam menulis dengan kemampuan akademis yang baik untuk membantu mahasiswa sebagai “pembaca kritis” dari hasil tulisan-tulisan mahasiswa S1. Mereka menawarkan umpan balik pada pengembangan draf makalah, mendengarkan dan mengajukan pertanyaan dan membantu penulis mahasiswa mendapatkan perspektif tentang tulisan mereka. PWA menawarkan dukungan pembelajaran yang konstruktif dan bermanfaat sehingga mahasiswa S1 secara individual dapat menjadi penulis yang lebih baik dan belajar bagaimana menggunakan konvensi, peraturan, dan proses penulisan. Mereka membantu mahasiswa secara individu dengan organisasi ide, struktur tugas, dan aspek menulis akademik seperti struktur paragraf, kejelasan, dan gaya akademis.

Mahasiswa yang ingin membuat janji dengan PWA, harus mengisi formulir pada portal. Seperti mengisi user ID, dan jadwal yang diinginkan,  Disana mahasiswa juga dapat menjadwal ulang bahkan bisa membatalkan janji mereka apabila tidak dapat dilakukan pada hari yang telah dipilih melalui system jaringan. Namun harus dikonfirmasikan terlebih dahulu paling lambat tengan malam sebelum hari janjian melalui portal atau dapat menghubung nomor telpon atau email yang telah disediakan.

Jadwal konsultasinya  adalah : Senin- kamis, mulia pukul 10 pagi sampai dengan 5 sore, jumat mulai pukul 10 pagi sampai jam 1 siang. Masing konsultasi berlangsung selama 50 menit. Karena permintaan dalam konsultasi sangat tinggi, pihak learning centre mewanti-wanti mahasiswa agar tidak menyia-nyiakan jadwal yang telah dibuat. Dan janji harus dibuat minimal sehari sebelumnya. Selain pada jam kerja, konsultasi bisa dilakukan diluar jam kerja. Ini biasanya dilakukan oleh mahasiswa yang bekerja. Untuk jadwal ini mahasiswa diminta mengirimkan permohonon kepada pihak Learning Centre melalui email.

Karena permintaan tinggi, pihak learning centre membatasi jumlah konsultasi yang dapat diterima oleh mahasiswa. Biasanya satu kali dalam seminggu dan paling banyak 5 kali dalam 1 semester.

Ada beberapa hal yang bisa dibantu oleh konsultan, seperti :

1.      Mendukungan pembelajaran yang konstruktif dan bermanfaat.
2.      Membantu meningkatkan keterampilan menulis, presentasi dna komunikasi akademik.
3.      Mendorong mengembangkan keterampilan mahasiswa agar menjadi pebelajar yang mandiri.
4.      Membantu memperjelas tujuan dan struktur tugas.
5.      Mendiskusikan kelemahan dan kekuatan dalam hasil karya tulis mahasiswa.
6.      Membantu untuk mengatur dan meningkatkan hasil kerja dengan menggunakan berbagai strategi.
7.      Membantu mengembangkan kemampuan bekerja secara indenpenden.

Beberapa hal yang tidak dapat dibantu oleh konsultan, adalah :

1.      Menawarkan perbaikan cepat. Sebaliknya konsultan memberikan strategi jangka panjang sehingga mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan dan bekerja secara mandiri.
2.      Memeriksa tata bahasa dan ejaan atau memberikan layanan editing.
3.      Memperkirakan penilaian akhir mahasiswa.
4.      menawarkan bimbingan subjek.
5.      Menulis makalah untuk mahasiswa atau menyediakan konten untuk tugas mahasiswa.
6.      ‘Memperbaiki tugas pada hari mereka jatuh tempo.
7.      Membantu membuat surat lamarani pekerjaan atau resume. Learning Centre bekerja dengan menulis akademik saja. Untuk bantuan, mahasiswa dapat melihat pada karir dan Ketenagakerjaan.
8.      Membantu dengan korespondensi pribadi atau aplikasi. The Learning Centre bekerja dengan menulis akademik saja.
9.      Menyarankan pada tes IELTS (meskipun ada buku yang tersedia dari sumber daya perpustakaan kami).
10.  Menawarkan individu sesi ujian dibawa pulang. Mereka harus bekerja sendirian, jadi kami tidak bisa menawarkan bantuan, karena tidak akan adil untuk siswa lain.
11.  Mengintimidasi atau mempermalukan mahasiswa.


Merupakan program pengenalan kampus yang ditujukan bagi calon mahasiswa baru UNSW. Tidak hanya baru mahasiswa baru dalam negeri, tetapi juga bagi masiswa internasional. Ada beberpa program pengenalan kampus yang dapat diikuti oleh mahasiswa, seperti O week. Yaitu program pengenalan kampus yang berlangsung 3 hari pada tiap semesternya. Agenda O Week ini dapat di unduh melalui situs http://www.gettingstarted.unsw.edu.au/orientation yang disediakan khusus pihak UNSW untuk mahasiswa baru.

Bagi mahasiswa internasional ada program Internasional Orientation Program (Step Up). Program ini berlangsung selama dua hari dan dirancang untuk memperkenalkan mahasiswa internasioanl bagaimana kuliah di UNSW dan untuk menyediakan pengalaman praktis menghadiri kuliah dan belajar di Australia. Program ini cocok untuk sarjana, pascasarjana dan Phd. Mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan mahasiswa baru lainnya internasional, staf UNSW dan Pengembangan Mahasiswa Mentor Kebudayaan Internasional

Program ini mencakup topik-topik seperti pemahaman antar budaya, pengajaran dan pembelajaran di Australia, layanan dukungan siswa, pengembangan profesional dan pribadi dan perilaku kelas. Pendaftaran program ini melalui online pada situs yang telah disediakan.

5.       Online Academic Skills Resources 

Learning Centre telah mengembangkan berbagai sumber daya akademik online untuk membantu mahasiswa mengembangkan dan mengasah berbagai keterampilan akademik dan komunikasi yang dibutuhkan untuk keberhasilan belajar.
 
Beberapa panduan dalam perpustakaan online menjelaskan berbagai jenis tugas di universitas, seperti esai, presentasi lisan, ulasan kritis, laporan dan bibliografi beranotasi. 

Learning Centre memiliki sumber daya untuk membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan akademik penting untuk keberhasilan belajar, seperti manajemen waktu, membaca yang efektif dan menulis reflektif, mencatat, menghindari plagiarisme dan berkinerja baik di kuliah dan tutorial. Selain itu Learning Centre juga memiliki sejumlah sumber daya untuk menulis dalam sains dan teknik. 

6.       Self-Access Resources
 
Learning Centre mengumpulkan sumber daya yang dikembangkan untuk membantu mahasiswa dalam penguatan berbagai keterampilan akademik dan komunikasi yang dibutuhkan untuk studi sukses kedalam sebuah website.

Mahasiswa juga dapat mengunjungi kantor Learning Centre  untuk mengakses koleksi sumber daya. Pusat ini memiliki koleksi buku-buku, kamus dan panduan gaya untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan kemampuan menulis, studi dan penelitian akademis dan meningkatkan keterampilan komunikasi. Sejumlah buku tentang penulisan skripsi juga tersedia untuk pinjaman

Untuk mahsiswa internasional, learning centre juga menyediakan layanan berupa:
 
a.       Bahan audio untuk meningkatkan pronouncation
b.      Vocabolay Teks
c.       Kit praktek tes IELTS

Sebagian besar sumber daya (kecuali kamus dan panduan gaya) yang tersedia untuk dipinjaman kepada mahasiswa yang terdaftar, staf dan akademisi. Pinjaman selama satu minggu dan dapat diperpanjang jika diperlukan. Mahasiswa atau staf harus mempunyai kartu jika ingin meminjam koleksi tersebut.


C.     Sistem Manajemen
Learning Centre beroperasi sebagai bagian dari Kehidupan Mahasiswa dan Pembelajaran, bagian dari Kantor pembantu rector bagian kemahasiswaan. Learning centre  menggabungkan keterampilan profesional yang luas dan latar belakang akademis yang beragam untuk bekerja secara efektif dengan siswa dan staf untuk mendukung pekerjaan akademik di UNSW.

Berikut ini nama-nama staf dari learning centre of The University of New South Wales :

Name
Position
Email
Telephone
Director
+61 (2) 9385 - 3369
Dr Linda Burnett
Learning Adviser
+61 (2) 9385 - 2767
Ms Valerie Caulcutt
Finance & Administration Manager
+61 (2) 9385 - 1149
Learning Resources Developer
+61 (2) 9385 - 3364
Learning Adviser
+61 (2) 9385 - 2204
Catheryn Grey
Learning Adviser (Mathematics)
+61 (2) 9385 - 3475
Learning Adviser
+61 (2) 9385 - 3394
Ms Jenifer Mendoza
Student Services Officer
+61 (2) 9385 - 2060
Learning Adviser
+61 (2) 9385 - 1150
Learning Adviser
+61 (2) 9385 - 2060
Learning Adviser
+61 (2) 9385 - 2060
Dr Shivaun Weybury
Learning Adviser
+61 (2) 9385 - 1795
Ms Maria Zueva
Learning Adviser
+61 (2) 9385 - 2219


 
D.    Model Pengembangan

Layanan yang diberikan oleh Learning centre  Universitas New South Wales ini mirip seperti di jelaskan oleh Frances Bennie dalam bukunya Learning Centers : Development and Operations pada tahun 1977 tentang tren pengembangan learning centre. Bennie menjelaskan yang menjadi focus utama dari learning centre adalah merangsang minat belajar pebelajar itu sendiri serta mengembangkan karakteristik pebelajar dalam inisiatif, self-direction dalam belajar, kemandirian, rasa tanggung jawab, teknik pemecahan masalah, dan penyelidikan, penelitian, dan keterampilan evaluasi diri. Hal ini terlihat pada tujuan Learning Centre University New South Wales yaitu membantu mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan teknik bagaimana menemukan cara belajar yang cocok dalam pendidikan tinggi sehingga mahasiswa menjadi pebelajar yang mandiri dan sukses.

Selain itu layanan yang di berikan oleh Learning Centre University New South Wales serupa dengan layanan learning centre yang dikemukakan oleh Bennie. Jika Bennie mengemukakan layanan yang di berikan learning centre yang dikembangkan di pusat-pusat pembelajaran antara lain keterampilan dalam:

a.       Membaca;
b.      Penelitian dan pengambilan informasi
c.       Matematika
d.      Seni bahasa.
Sedangkan Learning Centre University New South Wales memberikan layanan berupa :
a.       Workshop-workshop yang menunjang mahasiswa dalam belajar seperti membuat laporan,  presentasi secara lisan atau membuat makalah penelitian.
b.      Peer Writing Assistant  yang membantu mahasiswa dalam menulis karya ilmiah secara individual.
c.       Conversation Classes yang membantu mahasiswa asing dalam berbahasa,

 
Berdasarkan  layanan  dan tujuan dari Learning Centre University New South Wales yaitu membantu mahasiswa agar sukses dalam studi dan mampu belajar secara mandiri dengan cara memberikan pelatihan dan layanan konsultasi secara individual kepada mahasiswa, maka learning centre ini termasuk bagian dari pusat sumber belajar tipe A. Karena, selain memiliki learning centre University New South Walesjuga mempunyai perpustakaan yang lengkap (http://library.unsw.edu.au/index.html). 




F.      Sumber Bacaan
Frances Bennie.1977. Learning Centers : Development and Operations. Educational   Technology Publication : New Jersey
http://lc.unsw.edu.auhttp://lc.unsw.edu.au. Di akses pada 11 Oktober 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar